Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Ajar GAYA DI SEKITAR KITA Kelas IV IPAS Fase B

Tujuan Pembelajaran: 

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Peserta didik dapat dapat menganalisis konsep dasar gaya dan pengaruhnya terhadap benda dengan benar dan menyajikan laporan analisisnya tentang gaya otot dan gaya gesek dengan benar berdasarkan sikap rasa beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,             inovatif, mandiri, berkebhinekaan global dalam kehidupan setiap hari.

Cermati artikel berikut ini !

GAYA OTOT Dan GAYA GESEK

Gaya adalah dorongan atau tarikan. Hasil interaksi antar benda dapat menghasilkan gaya yang dapat menyebabkan benda bergerak, berhenti bergerak atau berubah bentuk. Pada kegiatan sehari-hari, manusia menggunakan gaya otot untuk melakukan aktivitas. 

Gaya otot adalah gaya yang dikeluarkan dari otot manusia atau hewan. Melangkahkan kaki ke depan membuat tubuh berpindah tempat. Saat makan, kita menggunakan gaya otot di rahang untuk mengunyah makanan agar menjadi lebih halus dan dapat kita telan. 

Pemanfaatan gaya otot yang dilakukan oleh hewan bisa kita temukan salah satunya pada kendaraan delman, di mana otot kuda digunakan untuk menarik kereta roda agar dapat bergerak maju.

Gaya gesek muncul karena dua benda yang saling bersentuhan. Saat benda didorong atau ditarik akan ada gesekan antara permukaan benda dan permukaan lantai. Besar atau kecilnya gaya gesek dipengaruhi oleh:

  1. Posisi lintasan: mendatar atau menurun.
  2. Luas permukaan benda yang bersentuhan: bulat atau kotak.
  3. Permukaan lintasan: rata, bergelombang, kasar, halus, atau licin.
  4. Berat sebuah benda. Semakin berat suatu benda, gaya geseknya juga akan semakin besar. Contoh gelas berisi air akan memiliki gaya gesek yang lebih besar dibanding gelas kosong.

Pada topik ini, peserta didik belajar untuk memecahkan masalah yang dialami oleh karakter dalam buku dan menggunakan simulasi langsung untuk mencari berbagai solusi. Dari kegiatan ini dan didukung dengan kegiatan literasi pada Buku Siswa, peserta didik akan belajar konsep dasar dari gaya. 

Melalui pemahaman terhadap gesekan benda, peserta didik diajak untuk membuat modifikasi dari sebuah alat yang bisa memperkecil gaya gesek. 

Pengalaman ini akan melatih peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif terhadap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-harinya. Topik ini juga dilengkapi dengan kegiatan tantangan yang menguatkan kemampuan identifikasi peserta didik terhadap pemanfaatan gaya dalam kehidupan sehari-harinya.

Cermati gambar berikut ini !



















Cermati video berikut ini !


Materi ajar Gaya Di Sekitar Kita


Materi ini disusun oleh MUH. AZHAR, S.Pd, SD untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Post a Comment for "Materi Ajar GAYA DI SEKITAR KITA Kelas IV IPAS Fase B"