Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi " Mengenal Perasaan " Untuk Kelas II SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Materi Pokok: Mengenal Perasaan

Kelas/Fase: II/A

Tujuan Pembelajaran:

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik dapat mengenali berbagai jenis perasaan dengan tepat, mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi, melalui mengingat pengalaman pribadi menceritakan perasaannya terkait pengalaman pribadi dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi dan menyajikan laporan analisisnya berdasarkan sikap rasa beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global dalam kehidupan setiap hari.

Cermati Artikel berikut ini !

Perasaan adalah sesuatu yang dirasakan di dalam hati seseorang yang tidak diketahui orang lain apabila orang yang memiliki rasa itu tidak mengungkapkannya.

Perasaan juga dikenal sebagai keadaan sadar, seperti yang dihasilkan dari emosi, sentimen atau keinginan. Perasaan dapat diartikan berbeda dengan emosi dalam pengerti emosi bersifat universal. Sementara perasaan adalah respon yang dipelajari tentang sebuah keadaan emosi di lingkungan atau kebudayaan tertentu.

Perasaan terdiri dari apa saja?

Negatif, seperti sedih, marah, takut, cemas, kecewa, dan frustrasi. Dasar, seperti kegembiraan, kejijikan, takut, amarah, sedih, kejutan, dan ketidaksenangan. Sosial, seperti rasa simpati, empati, cemburu, malu, bersalah, dan bangga. Kognitif, seperti keterkejutan, heran, ingin tahu, rasa ragu, dan rasa puas.

Cermati gambar berikut ini !

Mengenal Perasaan

Amatilah gambar berikut dan sebutkan perasaan yang dialami anak-anak dalam gambar ini !
















Cermati video berikut ini !


PPT Materi Mengenal Perasaan

Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas II

Materi ajar ini disusun guna sebagai bahan pembelajaran di kelas yang dirangkung dari berbagai sumber. Disusun oleh Dewi Arifianti,S.Pd



Post a Comment for "Materi " Mengenal Perasaan " Untuk Kelas II SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"